09.01

MODIFIKASI WIRELES MIC SEBAGAI LINK FM (REPEATER)





  • Yaaaa... buat temen fm semua ...artikel yang 1 ini semoga bisa embantu temen2 dalam dalam experimen fm dan komunikasi. mungkin temen semua bingung mau buat repeater pemancar fm kamu??? di link gitu??? nah yang satu ini cocok buat anda nyang pengen pemancarnya di taruh di tempat lain/di pegunungan gitu..... walau kecil powernya tapi bisa jauh jangkauanya, yaitu dengan cara di pancar ulag,mungkin anda bertanya2.. menggunakan apa yaaa untuk pemancaran dari rumah ke bukit(contoh saja) agar frekuensinya tetap 1 dan tidak di ketahui oran lain_lo ketauan bisa di ganggu dox...he2,
  • ni saya punya satu experimen,yaitu menggunakan wireles mic dengan frekuensi -+ 200 mhz lah,kamu bisa tambah penguat lagi,soalnya kalau tidak di tambah penguat gak bisa nyampex jauh. out rf panda antena transmiter wireles mic, untuk jangkauan skema di atas bisa sampai 3 km(tanpa terhalang gung/ pohon yang berlebihan) dan menggunakan anten pengarah/yagi 4 elemen.rangkaian diatas adalah isi dalam microfon wireles anda bisa menggunakan 2 mic agar bisa di gunakan dua line L dan R jadi stereo dox. cari wireles mic yang menggunakan cristal agar bisa lock,jadi frekuensi tidak bisa lari/menggeser_ harganya -+ 400 rb lah. untuk input audio melalui jalur microfon, audionya pun sudah enak karna tidak menggunaka preamic.
  • dan bisa anda bisa juga mematikan pemancar, anda dengan menggunakan lampu if pada reciever wireles mic(modif sendiri ya boss) apa bila pemencar fm anda tidak on 24 jam. apabila tx wireles anda mati maka reciever tidak akan mendesis. berbeda bila anda menggu nakan pemancar fm untuk link, mungkin frekuensinya di 1010 mhz/di 86.00. bisa di ganggu orang tu (kalau ada yg usil),dan itupun harus menggunakan mpx gak simple kan,otomatis audionya kurang perfect. bisa juga kena spleter dari pemencar kamu karna frekuensinya dekat.frekuensinya bisa bisa bergeser bila receaver atau tx gak lock.
  • pada receiver antena ganti dengan yagi minimal 4 elemen , antena receiver L danR jadikan satu saja ndak papa kecuali pada tranmiter nya.pada receiver audionya gabung antara L dan R pisahkan ada jamper R didalam receiver nya,bila sudah ada 2 outpun gak ush d othaki ckup ganti antan saja OK!
SERIFIKASI
  1. audio perfect.
  2. frekuensi lock.
  3. anti desis.
  4. frekuensi vhf tinggi.
  5. bisa untuk on/off transmiter.
  6. dua line L dan R.
  7. menggunakan 2 tx(pemancar) line di jamin terpsah.
  8. power tx wireles tidak perlu besar.



0 komentar: