08.48

OSILATOR MENGGUNAKAN TUNER FM


  1. skema di atas osilator menggunakan kepala tuner/varco tuner fm-barang seperti ini pasti banyak di jual di toko-toko elektronik kan?...apabila anda yg hobbi broadcat/ itu2 ngebrik he2...bisa gunakan osc ini saja,yg harganya relatif murah dan pergeseran frequensi hampir tidak terlihat,-+500khz atau 100mhz menjadi 100.05 mhz .osc ini sangat baik di antara osc analog/manual lainya,perpindahan frequensinya juga sangat mudah tinggal putar-puter he2.... kalau rekan2 mau mencoba cari farco/kepala tuner fm cari yg berwarna kuning,pergeseran frequensi hampir tidak ada.parbedaan dgn putih,bila putih spul osc menggunakan jenis logam,dan bila yg berwarna kuning menggunakan tembaga(email). bila penesaran d bedah saja ha2...

  1. keunggulan dari osc di atas
1-frequensi tidak mudah bergeser.
2-input audio bagus.
3-tidak menimbulkan splet/frequensi liar.

4-mudah di gunakan.
5-bisa digunakan sbagai link fm.


3.apabila mencari varco/tuner sperti diatas cari yg ada tr penguat nya/jumlah tr dlm tuner ada 4. klu yg terbaru transistornya sperti chip (nempel gitu pd pcb) cara penggunaan= pasang semua yg perlu di pasang.untuk mencoba keluar atau tidak nya signal osc, untuk uji coba jangan hubungkan dulu pada driver, tepatkan frekuensi di 87.5 putar -putaran tuner mentok ke bawah,kemudian putar trimer pada tuner(ada lubange bos) sampai ada frequensi yg muncul (selem) he2... untuk penambahan capasitor 5 pf dulu,bila belum ympek 87.5 d tmbah 7 pf.kemudian pasang ke driver tx sperti gmbr d blog ini.

4.osc ini juga bisa lepas frequensi yg anda inginkan tinggal putar2 pada trimer kecil di dalam tuner. juga bisa di gunakan untuk link fm. bila ingin out stereo tinggal tmbah mpx aja bos.
'''Kurang jelas coment ya bos''

5 komentar:

Anonim mengatakan...

minta skema pemancar yang pake tuner e pak,.......makasih

NA audio mengatakan...

Untuk penanmbahan 5pf dan 7pf di mana ya om......saya belum mengerti modifikasi tuner fm, thanks

Unknown mengatakan...

Pada lilitan paling atas sndiri tepatnya di bagian afc dan osc

Danang mengatakan...

Halo

Danang mengatakan...

Halo